SIM PERPUSTAKAAN

Pengertian SIM

Sistem Informasi Manajemen (SIM), adalah sistem pengolahan data untuk menjadi informasi dengan menggunakan manusia dan komputer. Informasi itu sangat dibutuhkan untuk fungsi manajemen, artinya sebagai bahan pijakan para pengambil keputusan (sesuai dengan tahapan managerialnya), dalam mengambil keputusannya. Penggunaan komputer dalam SIM karena komputer dalam beberapa hal memiliki kemampuan yang melebihi kemampuan manusia, misalnya: dapat menyimpan sejumlah data yang banyak, pengolahan data yang cepat dan akurat, dan dapat memunculkan informasi kapan saja. Keadaan data sebagai bahan informasi jumlahnya sangat banyak dan bervariasi, hal ini sesuai dengan keadaan data dari berbagai bagian organisasi yang mendukung organisasi tersebut. Data yang bervariasi dan banyak itu agar terpadu dalam pengolahannya ditampung secara sistematis dalam data base.

Pengertian Perpustakaan

Menurut UU Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Seiring berkembangnya zaman perpustakaan tradisional tentunya mulai menjemukan bagi para pembacanya, Oleh karena itu perlu dibuat sarana pendukung dalam perpustakaan modern sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).

Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan

 

A.   Penerapan Teknologi Informasi dalam SIM Perpustakaan

Bahwa pada era informasi abad ini, teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Teclznology) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan global oleh kita karena itu setiap institusi termasuk perpustakaan berlomba untuk mengintegrasikan “ICT” guna membangun dan memberdayakan civitas akademikanya berbasis pengetahuan agar dapat bersaing dalam era global. Dalam menyikapi perkembangan ICT pada era informasi tahun ini, Perpustakaan berbasis teknologi informasi (komputerisasi) sangat di butuhkan. Keberadaan perpustakaan berbasis komputerisasi dapat meningkatkan kualitas dan kecepatan proses layanan pada pengguna perpustakaan sehingga dapat memperlancar proses belajar-mengajar di lingkungan Sekolah. Selain itu sistem ini dapat membantu manajemen perpustakaan serta dapat meningkatkan Efektifitas dan efisiensi penatalaksanaan perpustakaan Pustakawan berpotensi menjadi seorang manajer informasi. Peranan baru itu mensyaratkan penguasaan berbagai macam keterampilan, pengetahuan dan kemampuan. Dengan begitu, mereka dapat mengakses dan menyebarkan informasi berbantuan komputer dan teknologi telekomunikasi dari perpustakaannya. Salah satu pendekatan yang sangat mungkin dilakukan dalam hal ini ialah dengan memanfaatkan teknologi internet. Pustakawan secara proaktif dapat memperkenalkan perpustakaannya ke lingkungan sekolah, bisnis, institusi, akademis dan masyarakat seluas-luasnya melalui situs web.

Perkembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi bagi pengelola perpustakaan dapat membantu pekerjaan di perpustakaan melalui fungsi otomasi perpustakaan, sehingga proses pengelolaan perpustakaan lebih efektif dan efisien. Fungsi otomasi perpustakaan menitikberatkan pada bagaimana mengontrol sistem administrasi layanan secara otomatisl terkomputerisasi. Diperlukan beberapa perangkat untuk pengelolaan perpustakaan berbasis Teknologi Informasi.

1.      Komputer

Komputer diperlukan untuk menerima dan mengolah data menjadi informasi secara cepat dan tepat. Perangkat komputer ini akan digunakan untuk menyimpan data koleksi buku data anggota perpustakaan, dan OPAC (Online Public Accses Catalogue). Dengan OPAC, para pelanggan perpustakaan bisa mencari informasi koleksi buku yang mereka butuhkan tanpa harus mencari secara langsung.

Komputer itu juga bisa dikoneksikan ke internet. Kemudian setelah mempunyai koleksi digital, maka kita memerlukan pula komputer yang mempunyai performa yang cukup tinggi sebagai sarana untuk menyimpan serta melayani pengguna dalam mengakses koleksi. Sebuah komputer dengan processor pentium 4 dengan hard disk sebesar 40 giga, memory 256 Mega bytes adalah spesifikasi komputer minimal.

2.      Internet

Di antara manfaat internet untuk pengelolaan perpustakaan adalah sebagai peranti untuk mengakses informasi multimedia dari internet, serta sebagai sarana telekomunikasi dan distribusi informasi. Koneksi internet juga bisa dimanfaatkan untuk membuat homepage perpustakaan, yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan katalog dan informasi. Kecepatan jaringan yang diperlukan jaringan intranet (layanan lokal) maupun internet (layanan global) adalah Jaringan 100 Mbps mutlak diperlukan untuk jaringan intranet, dan koneksi internet minimal 128 Kbps untuk layanan internet.

3.      Software

Untuk mempermudah penyajian informasi, diperlukan software khusus untuk mendukung pelayanan perpustakaan. Ada beberapa jenis software yang umum digunakan di perpustakaan berbasis IT baik yang berbasis offline maupun online (open source), di antaranya Athenaeum Light, Freelib dan Senayan Open Source Library Manajer System.

B.   Penggunaan Sofware Administrasi Perpustakaan

Software administrasi perpustakaan yang baik memiliki fitur-fitur yang lengkap guna meberikan kemudahan bagi para petugas dalam mencari dan mengidentifikasi buku dan juga para peminjam, beberapa fitur yang dibutuhkan diantaranya adalah :

  1. 1.    ADMINISTRATOR PERPUSTAKAAN
  • Staf admin

o   Menambah dan menentukan otorisasi staf perpustakaan

o   Password staf perpustakaan

o   Edit staf perpustakaan

o   Menghapus staf perpustakaan

  • Setting perpustakaan secara custom
  • Menentukan Lama Peminjaman
  • Menetukan Koneksi Database perpustakaan
  • Backup Database perpustakaan
  • Buka Database perpustakaan

o   Level Akses User

o   Maintenance(Mengatur user software perpustakaan dengan akses berbeda beda)

  • Skin/Theme Manager

o    Software Perpustakaan ini dilengkapi dengan skin manager sehingga tampilan program bisa diganti dan ditambah

  • Login software perpustakaan
  1. 2.    KATALOGISASI PERPUSTAKAAN
  • Data Buku (Form untuk menyimpan atau penelusuran koleksi buku diperpustakaan anda):

o  Entri Data Buku

o  Hapus Data Buku

o  Edit Data Buku

  • Data Peminjam/Anggota Perpustakaan (input data anggota atau peminjam di perpustakaan) terdiri atas:

o   Entry Data Peminjam

o   Hapus Data Peminjam

o   Edit Data Peminjam

  1. 3.    PENCARIAN PERPUSTAKAAN
  • Pencarian Buku:

Penelusuran / Pencarian buku berdasarkan kode,judul buku

  • Pencarian Anggota Perpustakaan:

Penelusuran / Pencarian Anggota Berdasarkan Kode anggota,nama, dan alamat anggota perpustakaan.

  1. 4.    TRANSAKSI PERPUSTAKAAN
  • Transaksi Peminjaman Buku:

Melakukan Transaksi Peminjaman buku dengan cara yang mudah dan gampang untuk diguanakan, dan didesain seefisian mungkin untuk mengatisipasi apabila terjadi antrian yang panjang

  • Transaksi Pengembalian Buku:

Transaksi Pengembalian Buku Perpustakaan dilakukan dengan pengembalian semua atau sebahagian.

  1. 5.    KETERLAMBATAN/DENDA
  • Software perpustakaan ini dilengkapi dengan fitur untuk mengetahui keterlambatan pengembalian buku. Jika peminjam buku perpustakaan telat mengembalikan, maka software perpustakaan ini akan secara otomatis menjumlah denda yang telah diset pada masing-masing buku, ingat masing-masing buku mempunyai harga denda yang berbeda – beda,

Dendanya = jumlah terlambat(hari) x Denda Pada Buku Tersebut

  1. 6.    LAPORAN
  • Data Anggota perpustakaan
  • Diurutkan Berdasarkan Kode Anggota perpustakaan
  • Diurutkan Berdasarkan Nama Anggota perpustakaan
  • Data Buku
  • Data Peminjam
  • Keterlambatan
  • Denda
  • Tiap tiap Buku yang sedang dipinjam

Objek
1. Petugas perpustakaan
2. Buku, cd, majalah
3. Peminjaman
4. Pengembalian
5. Pelaporan
6. Anggota
Proses
Petugas -> jadwal petugas -> petugas jaga
Petugas -> anggota -> anggota baru
Petugas -> peminjaman -> buku dipinjam
Petugas -> pengembalian -> buku yang dikembalikan
Petugas -> pelaporan -> kepala perpustakaan
Kamus data
Data anggota : kd_anggota, nama_anggota, alamat_anggota
Data buku : kd_buku, judul_buku, pengarang_buku, penerbit_buku
Data peminjaman : kd_anggota, kd_buku tgl_pinjam, tgl_kembali
Data Pengembalian : kd_anggota,kd_buku, tgl_pinjam, tgl_kembali, denda
Data petugas : nip, nama_petugas, alamat_petugas
Sumber :

 

http://dosen.wordpress.com/tag/sim/       

http://kkpigama.wordpress.com/2010/05/29/sim-perpustakaan/

http://rahmatputra.com/index.php?option=com_content&view=article&id=147&Itemid=376

http://www.pnri.go.id/default.aspx

http://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan

http://putroweb.blogspot.com/2009/03/sistem-informasi-perpustakaan.html

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: