Definisi dan Konsep dasar Sistem Informasi

Definisi

Sistem Informasi (SI) – atau lanskap aplikasi – adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

 

 Konsep Dasar Sistem Informasi

a.      Konsep  Dasar  Sistem

Suatu  sistem  pada  dasarnya  adalah  sekolompok  unsur  yang  erat  hubungannya  satu  dengan yang  lain,  yang  berfungsi  bersama­sama  untuk  mencapai  tujuan  tertentu.Secara  sederhana, suatu  sistem  dapat  diartikan  sebagai  suatu  kumpulan  atau  himpunan  dari  unsur,  komponen,  atau variabel  yang  terorganisir,  saling  berinteraksi,  saling  tergantung  satu  sama  lain,  dan  terpadu. Dari  defenisi  ini  dapat  dirinci  lebih  lanjut  pengertian  sistem  secara  umu,  yaitu  :

1.      Setiap  sistem  terdiri  dari  unsur­unsur

2.      Unsur­unsur  tersebut  merupakan  bagian  terpadu  sistem  yang  bersangkutan.

3.      Unsur  sistem  tersebut  bekerja  sama  untuk  mencapai  tujuan  sistem.

4.      Suatu  sistem  merupakan  bagian  dari  sistem  lain  yang  lebih  besar.

b.      Konsep  Dasar  Informasi

Secara  umum  informasi  dapat  didefinisikan  sebagai  hasil  dari  pengolahan  data  dalam  suatu bentuk  yang  lebih  berguna  dan  lebih  berarti  bagi  penerimanya  yang  menggambarkan  suatu kejadian­kejadian   yang   nyata   yang   digunakan   untuk   pengambilan   keputusan.   Informasi merupakan  data  yang  telah  diklasifikasikan  atau  diolah  atau  diinterpretasi  untuk  digunakan dalam  proses  pengabilan  keputusan.

c.       Konsep  Dasar  Sistem  Informasi

Sistem  informasi  adalah   suatu   sistem  dalam   suatu   organisasi   yang   mempertemukan kebutuhan  pengolahan  transaksi  harian  yang  mendukung  fungsi  operasi  organisasi  yang  bersifat manajerial  dengan  kegiatan  strategi  dari  suatu  organisasi  untuk  dapat  menyediakan  kepada pihak  luar  tertentu  dengan  informasi  yang  diperlukan  untuk  pengambilan  keputusan.

Sistem  informasi  dalam  suatu  organisasi  dapat  dikatakan  sebagai  suatu  sistem  yang menyediakan  informasi  bagi  semua  tingkatan  dalam  organisasi  tersebut  kapan  saja  diperlukan. Sistem  ini  menyimpan,  mengambil,  mengubah,  mengolah  dan  mengkomunikasikan  informasi yang  diterima  dengan  menggunakan  sistem  informasi  atau  peralatan  sistem  lainnya.

 

sumber : id.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: